Maklumat Itu Bertujuan Untuk Menenangkan Jemaah yang beribadah di Masjid Jogokariyan

Home / Berita / Maklumat Itu Bertujuan Untuk Menenangkan Jemaah yang beribadah di Masjid Jogokariyan

Yogyakarta – Mewabahnya virus Corona (COVID-19) tidak membuat surut jemaah untuk beribadah di Masjid Jogokariyan, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Pengurus masjid membuat sejumlah kebijakan untuk memberi ketenangan kepada jemaah dan masyarakat.

 

Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan, Muhammad Jazir membenarkan bahwa telah mengeluarkan Maklumat Takmir Masjid Jogokariyan. Maklumat itu bertujuan untuk menenangkan jemaah yang beribadah di Masjid Jogokariyan.

 

“Saya yang buat maklumat, karena memang masyarakat perlu ketenangan menghadapi situasi seperti ini (wabah virus Corona). Masjid hadir supaya masyarakat tahu apa yang harus dilakukan, dan masjid melakukan apa yang bisa diberikan untuk perlindungan masyarakat,” katanya saat dihubungi detikcom, Rabu (18/3/2020).

 

Karena kalau menyepikan masjid jadi masalah, kan sudah jadi sentral gravitasi,” lanjut Jazir.

 

Jazir menjelaskan, upaya pengurus Masjid Jogokariyan untuk memberi ketenangan kepada jemaah adalah meningkatkan kebersihan lingkungan dan setiap hari menyemprotkan disinfektan ke seluruh penjuru Masjid.

 

“Pertama kita meyakinkan jemaah tidak perlu takut ke masjid, karena kami melakukan tanggung jawab. Kami melakukan pengamanan dalam bentuk kawasan masjid ini, seluruhnya, setiap hari minimal lima kali setiap sebelum salat kami semprot dengan disinfektan,” ucapnya.

 

Kedua, pada setiap pintu masjid disediakan wastafel, sabun dan hand sanitizer. Jemaah diharapkan sudah membersihkan muka dan tangannya sebelum masuk masjid untuk bertemu dengan jemaah lainnya.

“Kemudian menggunakan sanitizer sebagai usaha perlindungan. Sekalipun Allah itu pelindung yang paling baik, tetapi secara sunatullah kita juga lakukan perlindungan dengan sanitizer,” kata Jazir.

Karena itu, Masjid Jogokariyan tidak melakukan penggulungan karpet yang menjadi sajadah bagi jemaah dalam melaksanakan ibadah. Jazir juga memastikan sarung dan mukena yang tersedia di masjid aman digunakan jemaah saat beribadah.

“Kalau itu (karpet) digulung itu problemnya pertama karpet baru dan tebal. Kemudian kalau digulung itu penyimpanannya dan bahkan kita khawatir nanti tidak terkontrol bisa jadi sarang virus, makanya kita sering-sering semprot (disinfektan),” ucapnya.

“Termasuk sarung-sarung, mukena yang digunakan untuk umum, itu begitu selesai langsung kami laundry, kami disinfektan dibungkus plastik satu per satu sehingga kalau ada yang pinjam sarung dipakai sudah dalam kondisi aman,” imbuh Jazir.

Maklumat itu bertujuan untuk menenangkan jemaah yang beribadah di Masjid Jogokariyan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.