Danramil 0804/12 Lembeyan Hadiri Sosialisasi Upaya Kesehatan Kerja (UKK) Di Desa Krowe

Home / Berita / Danramil 0804/12 Lembeyan Hadiri Sosialisasi Upaya Kesehatan Kerja (UKK) Di Desa Krowe

Magetan Jawa Timur, Setiap jenis dan tempat pekerjaan baik pekerja formal maupun informal memiliki risiko yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Pada umumnya, para pekerja sektor informal kurang memiliki kesadaran dan pengetahuan tentang bahaya di lingkungan kerjanya. Bertempat di desa krowe Kecamatan lembeyan Kabupaten Magetan Provinsis Jatim dilaksanakan sosialisasi Upaya Kesehatan Kerja (UKK) dari UPTD Puskesmas Kecamatan lembeyan. Kamis(17/10/2019).

Kegiatan tersebut di hadir oleh Danramil 0804/12 lembeyan Kapten Inf Drs E.c Puguh P. Kapolsek lembeyan di wakili Iptu Yani CH, Kepala Desa krowe Bpk Sudjak Sag, Kepala Dinas Kesehatan Magetan di wakili oleh seksi kesehatan kerja dan olah raga, Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Lembeyan Dokter Tatang Broto L, Babinsa Desa krowe serda bambang, Perangkat Desa krowe , serta warga masyarakat Desa krowe.

Dalam kegiatan tersebut Dr Tatang Kepala UPTD Puskesmas Lembeyan menjelaskan, tentang pemahaman kesehatan kepada masyarakat Desa krowe khususnya masyarakat yang mempunyai usaha pengrajin,peternak dan petani. Ia menyampaikan langkah-langkah yang harus dilakukan setiap pekerja yang harus dipedomani antara lain  Tidak merokok ditempat kerja. Melakukan olah raga teratur.  Membuang sampah pada tempatnya.  Menggunakan APD sesuai jenis pekerjaannya.  Menggunakan jamban.  Memberantas jentik nyamuk di tempat kerja dan  Setiap 2 jam sekali harus dilakukan peregangan atau pelemasan.

Selain itu Dr Tatang Kepala UPTD Pukesmas Lembeyan menjelaskan, masalah gizi, penyakit tidak menular, dan penyakit menular. Pekerja informal juga memiliki risiko keselamatan dan kesehatan terkait pekerjaannya yang dapat mengganggu produktifitas mereka seperti kondisi lingkungan kerja yang berbahaya, masalah kesehatan seperti gangguan otot rangka, gangguan mata dan gangguan kesehatan kulit. Para pekerja informal terpapar potensi bahaya pekerjaan dengan kecenderungan tidak ada badan usaha ataupun pemilik yang secara langsung bertanggung jawab atas kesehatan dan keselamatan kerja mereka terutama yang berhubungan dengan berbagai penyakit dan gangguan akibat kesehatan dan kecelakaan kerja.

Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) merupakan upaya kesehatan kerja bagi pekerja informal yang bersumberdaya dari, oleh dan untuk masyarakat pekerja itu sendiri. Kegiatan yang dilakukan meliputi upaya promotif, preventif dan pengobatan sederhana yang bersifat pertolongan pertama pada kecelakaan dan pertolongan pertama pada penyakit. Penekanan terhadap upaya promosi dan preventif guna mengubah perilaku para pekerja untuk mengurangi atau menghilangkan risiko kecelakaan dan penyakit akibat kerja, serta upaya meningkatkan kesehatan pekerja.

Pembentukan Pos UKK perlu ditingkatkan, mengingat banyak Pos UKK yang telah berkiprah dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anggotanya. Disisi lain masih banyak kelompok pekerja informal yang belum tersentuh pelayanan kesehatan kerja, “kata Dr Tatang”. (pgh).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *