Koramil 08 Barat : Tradisi Bersih Desa Bukan Musrik Tapi Budaya Leluhur

Home / Berita / Koramil 08 Barat : Tradisi Bersih Desa Bukan Musrik Tapi Budaya Leluhur

MAGETAN, JAWA TIMUR, dalam rangka melestarikan tradisi adat  peninggalan nenek moyang leluruh, Danramil 08/Barat Kodim 0804/Magetan  Kapten Inf Kiswanto, menghadiri acara Bersih Desa di Punden waduk Desa Bayemwetan Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan provinsi jawa timur. Kamis (12/09/2019)

Bersih desa di Desa Bayemwetan Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan merupakan kebudayaan dalam bentuk upacara ritual Selamatan atau kenduri di punden waduk, acara tersebut penuh dengan makna dan simbol-simbol budaya pada masyarakatnya, dan merupakan tradisi peninggalan nenek moyang leluhur.

Bersih Desa merupakan tradisi adat  turun temurun dilakukan warga desa Bayemwetan dari nenek moyang leluhur, Tradisi ini ditandai dengan Selamatan atau kenduri dilanjutkan tayub atau gambyong langgen beksan.

Dalam acara bersih desa ini, Turut hadir  tamu undangan kepala Desa Bayemwetan, Camat Kartoharjo Wuryani, Kapolsek Kartoharjo Akp Sini SH, Danramil 0804/08 Barat Kapten Inf Kiswanto SE,Babinsa,Bhabinkamtibmas Desa Bayemwetan, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Daerah dan warga masyarakat Desa Bayemtaman.

Acara diawali dengan selamatan doa dipimpin tokoh agama atau Modin Desa Bayemwetan, dilanjutkan sambutan Kades Bayemwetan dalam sambutanya menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga yang hadir, dalam tradisi bersih desa ini merupakan tradisi peninggalan  leluhur yang harus diuri-uri dan dilestarikan.

Tak lupa Danramil 0804/08 Barat Kapten Inf Kiswanto SE, dalam sambutanya menyampaikan sebagai Danramil Barat Kapten Inf Kiswanto SE, selalu mendukung dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan di desa wilayahnya seperti acara Bersih desa dan sedekah Bumi yang sekarang ini sedang di laksanakan, (GTY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *