Babinsa Koramil 0804-01/Magetan Dampingi Bupati Magetan membuka festifal jenang di Sar Londo Di Desa Candirejo

Home / Berita / Babinsa Koramil 0804-01/Magetan Dampingi Bupati Magetan membuka festifal jenang di Sar Londo Di Desa Candirejo

Magetan- Magetan-Dalam rangka Vestifal Jenang, Desa Candirejo Kabupaten Magetan mengadakan festival ‘Jenang Candirejo’ bertempat di lapangan Desa Candirejo pada minggu (8/9).

Bupati Magetan terpilih Dr.Suprawoto SH.Msi. hadir mengikuti festival tersebut.  Menurut  Bupati Magetan terpilih bahwa festival Jenang Candirejo ini bagus sekali, antusiasme masyarakat luar biasa dan nantinya semoga dapat menarik wisatawan untuk datang ke Kabupaten Magetan.

Pagelaran Festival Jenang Candi diawali dengan pengguntingan pita oleh Bupati Magetan terpilih Dr.Suprawoto SH.Msi. Hadir juga Wakil Bupati Terpilih Nanik Endang Rusminiarti SPd,Mpd , Kepala Dinas Pariwisata, Kapolsek Magetan, Camat Magetan, Kades Candirejo dan masyarakat kurang lebih 2500 orang.

Inti dari sambutan Bapak Bupati mengatakan, dengan diadakan kegiatan festifal jenang di Sar Londo ini, agar masyarakat Magetan tidak melupakan jajanan jaman perjuangan kemerdekaan.Selain jenang, di Sar Londo ini juga tersedia makanan berbahan dasar non beras seperti klepon, wedang jahe, dan makanan yang dibuat dari singkong.

Hal ini dilakukan untuk mendongkrak ekonomi warga sekitar Sar Londo. Karena kalau menjual makanan berupa singkong anak anak muda tidak tertarik dan enggan membelinya, tetapi kalau sudah diolah menjadi nagasari, cemplon gethuk dan lain lainnya akan lebih menarik pembeli.

Adapun macam festival  jenang sebagai berikut  jenang Candi, jenang sum-sum,  jenang grendul,  jenang mutiara,  jenang pati garut, jenang ketan ireng,  jenang kacang hijau.  Festival Jenang Candirejo ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan, dan direncanakan akan dilaksanakan rutin setiap tahunnya untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. (tsr01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *