Babinsa Memantau Penimbangan Anak Balita dalam Rangka Posyandu Desa Cileng

Home / Tak Berkategori / Babinsa Memantau Penimbangan Anak Balita dalam Rangka Posyandu Desa Cileng

Magetan,-Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar/sosial dasar untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.

Babinsa Cileng Koramil 0804/05 Sertu Miran melaksanakan giat pemantauan posyandu penimbangan anak bailta di RT 12 RW 02 Dsn Jurang banteng desa Cileng . Keikut sertaan Sertu Miran selaku Babinsa Cileng merupakan bagian dari tugas pokok beliau sebagai insan teritorial yang memiliki tugas terkait dan terkandung diwilayah yang menjadi tanggung jawabnya. Bersama bidan  desa Ny. Umi Mufidah bahu membahu menyelenggarakan penimbangan balita dan pemberian gizi terhadap ibu dan balita. Ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh bidan desa bekerja sama dengan babinsa selaku aparat kewilayahan. Terhitung 40 balita yang ada RT 12 RW 02 Dsn Jurang banteng desa Cileng mendapat tambahan gizi setiap bulan nya. Bukan hanya penambahan gizi akan tetapi dilaksanakan juga penimbangan balita yang bertujuan mengetahui perkembangan balita. Dalam pelaksanaanya bidan desa dibantu 5 orang  kader posyandu yang ada di lingkungan Rt tersebut.

Disela sela kegiatan tersebut Ny. Umi Mufidah menyampaikan bahwa Posyandu yang terintegrasi adalah kegiatan pelayanan sosial dasar keluarga dalam aspek pemantauan tumbuh kembang anak. Dalam pelaksanaannya dilakukan secara koordinatif dan integratif serta saling memperkuat antar program dan kegiatan untuk kelangsungan pelayanan di Posyandu sesuai dengan situasi/kebutuhan lokal yang dalam kegiatannya tetap memperhatikan aspek pemberdayaan masyarakat.

Sertu Miran selaku Babinsa Cileng Koramil  0804/05 Poncol mengatakan bahwa Posyandu merupakan wadah pemberdayaan masyarakat yang dibentuk melalui musyawarah mufakat di desa/kelurahan dan dikelola oleh Pengelola Posyandu, yang dikukuhkan dengan keputusan kepala desa/lurah. Selaku aparat kewilayahan yang ada didesa harus membantu kegiatan yang ada diwilayah binaanya sesuai yang diamanatkan dalam UU TNI dimana aparatur komando kewilayah punya kewajiban membantu jalannya pemerintah daerah.  (R05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *