Kepedulian Babinsa Ds Simbatan Dalam Melestarikan Budaya Dewi Sri

Home / Tak Berkategori / Kepedulian Babinsa Ds Simbatan Dalam Melestarikan Budaya Dewi Sri
Kepedulian Babinsa Ds Simbatan Dalam Melestarikan Budaya Dewi Sri

Magetan, Situs Pertirtaan Dewi Sri secara keseluruhan merupakan suatu bangunan pertirtaan. Hal ini nampak jelas dengan adanya bangunan kolam dan pancuran-pancuran yang ada di bagian-bagian tertentu. Petirtaan Dewi Sri merupakan bangunan kolam yang terletak di bawah permukaan tanah yang sebagian besar komponennya tersusun dari bata. Oleh karena itu, apabila hendak mencapai lantai dasar pertirtaan harus menuruni tangga yang berada di sisi timur.

Di Jawa ada keyakinan bahwa Dewi Sri dianggap sebagai dewi kesuburan dan dihubungkan dengan pertanian. Di pulau Jawa dan Bali Dewi Shri atau Dewi Sri dikenal sebagai dewi bercocok tanam, terutama padi dan sawah, la merupakan representasi dari dunia bawah tanah dan juga bulan, la mengontrol bahan makanan di bumi dan kematian. Oleh karena ia merupakan simbol bagi padi, ia juga dipandang sebagai ibu kehidupan.

Serda Suprianto Babinsa Ds. Simbatan Koramil 0804/11 Takeran Kodim 0804/Magetan yang kali ini sangat – sangat diharapkan sumbangsihnya oleh masyarakat Ds. Simbatan dalam melestarikan kebudayaan yang ada di wilayah Ds. Binaanya.seperti yang dilaksanakan pada hari ini Jum”at 14/09/2018. Karena Babinsa adalah motor bagi para pemuda. Tanpa di Pandegani oleh babinsa kemungkinan kecil pemuda mau ikut acara seperti ini yang anggapan pemuda adalah kegiatan yang kuno dan ketinggalan zaman serta tidak moderen. Tutur Kades Simbatan Sugianto yang ditemui secara terpisah.

Acara Festifal Budaya Dewi Sri di wilayah Magetan hanya di punyai oleh Ds. Simbatan kec. Nguntoronadi Kab. Magetan, oleh karena itu Budaya seperti ini harus di jaga dan dilestarikan agar tidak punah dan pudar oleh zaman.

Dan dihrapkan dari tahun ke tahun agar ada perkembangan sehingga Festifal Budaya Dewi Sri Simbatan tidak hanya terkenal di wilayah magetan saja juga bisa terkenal sampai Nasional maupun internasional dan akan menjadikan Ds. Simbatan menjadi Desa Wisata.

Disamping melestarikan Budaya bangsa tujuan lain dari Fetifal Budaya Dewi Sri Simbatan Tahun 2018 ini bertujuan mempromosilan Obyek wisata yang ada di Ds. Simbtan pada Mata Internasional. (tsr/R11)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *