Cegah Dipteri Babinsa Desa Balerejo Dan Puskesmas Teladan Laksanakan ORI Dipteri

Home / Tak Berkategori / Cegah Dipteri Babinsa Desa Balerejo Dan Puskesmas Teladan Laksanakan ORI Dipteri

Kewedanan. Dalam rangka penanggulangan dan pencegahan Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri di wilayah kecamatan Kawedanan, Puskesmas Teladan  Kec. Kawedanan didampingi anggota Koramil 0804/10 Kawedanan melaksanakan kegiatan Outbreak Response Immunization (ORI)  Difteri  kepada anak-anak yang akan dilaksanakan 3 kali ( 3 putaran). Untuk putaran pertama sudah dilaksanakan pada bulan Pebruari dan maret 2018. Sekarang sedang dilaksanakan imunisasi putaran kedua dengan sasaran balita usia 1 sampai dengan 5 tahun dan hari ini dilaksanakan di desa Balerejo. Kawedanan. (Rabu/11/7/2018)

Mengapa imunisasi dipteri itu penting…? “Difteri merupakan penyakit pada selaput lendir pada hidung serta tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini dapat menimbulkan lapisan tebal berwarna abu-abu pada tenggorokan sehingga dapat membuat anak sulit makan dan bernafas. Bila infeksi tidak diobati, toksin yang dihasilkan oleh bakteri bisa menyebabkan lumpuh dan gagal jantung.  ”tutur Serka sumadi “

Imunisasi di wilayah Kecamatan Kawedanan hari ini dilaksanakan  Desa Balerejo dengan jumlah sasaran untuk  posyandu 1 sebanyak 60 anak, Posyandu 2 sebanyak 40 anak.

Sementara itu  Bidan Sri Susanti , Amd. Keb. Selaku Bidan Desa Balerejo menyarankan bagi  orangtua, apabila lupa untuk  memberikan imunisasi DPT kepada putra putrinya, maka diharapkan untuk segera membawa putra-putrinya ke puskesmas terdekat. Beliau menambahkan jika dalam suatu daerah sudah berstatus kawasan KLB (Kejadian Luar Biasa), maka semua anak yang berumur 1 sampai 19 tahun harus ditambah tiga kali imunisasi difteri, dengan interval 0-1-6 bulan. (R.10)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *