Babinsa Koramil 0804/04 Parang Bersama Kelompok Tani Dan PPL Pendampingan Panen Padi Ubinan Di Desa Ngunut

Home / serbaserbi / Babinsa Koramil 0804/04 Parang Bersama Kelompok Tani Dan PPL Pendampingan Panen Padi Ubinan Di Desa Ngunut

Parang. Kamis/22/3/2018 Babinsa Koramil 0804/04 Parang Desa Ngunut  Serda Saimun bersama dengan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) melaksanakan pendampingan kelompok tani dalam menghitung atau mengubin untuk memperkirakan hasil yang di dapat petani saat panen padi. Kegiatan ini dilaksanakan di lahan sawah milik bpk lurah Sauji, dengan harapan supaya bisa mengetahui hasil panen sebelum padi sampai dirumah, dengan luas lahan satu hektar. Pengukuran dengan ubinan ini bisa menghasilkan 8 ton gabah perhektarnya.

Lebih lanjut Babinsa Ds Ngunut Serda Saimun mengatakan, Ubinan dibuat agar dapat melihat hasil hamparan dalam budidaya padi. Hasil panen berlimpah merupakan impian bagi seluruh petani padi. Banyak petani yang belum menguasai teknik perhitungan perkiraan produksi padi pada lahan mereka.

“Perkiraan produksi kebanyakan hanya mengandalkan pengamatan visual dan mempercayakan perkiraan hasil dengan metode penaksiran produksi oleh penebas atau tengkulak yang hasilnya sangat subjektif dan tidak bisa dipertanggung jawabkan keakuratannya secara ilmiah”,jelas Danramil.

PPL Desa Ngunut Bpk Tukijan Menjelaskan Metode ubinan adalah teknik yang paling banyak digunakan untuk memperkirakan produksi padi. Metode ini menggunakan teknik sampling hasil panen dengan luasan tertentu (umumnya 2,5 x 2,5 m). Teknik ini banyak dilakukan oleh petugas dari penyuluh atau dinas pertanian dan PPL, Poktan, dalam mengukur produksi pada kegiatan panen raya ataupun kegiatan rutin lainnya. Pada teknik ubinan, perkiraan produksi dilakukan pada saat padi sudah siap untuk dipanen. “tuturnya”

Sedangkan Ketua kelompok tani Bpk Sainun mengatakan, Sungguh sangat peduli sekali bapak – bapak PPL serta bapak babinsa dalam tugas ini meski jalan kaki sejauh ini tapi sangat peduli untuk mengetahui hasil panen para petani yang ada didesa Ngunut ini. “ungkapnya”(R 04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *